Monday, April 30, 2012

benang stokel water fall




Air Terjun Benang Setokel terletak di lombok tengah nusa tenggara barat indonesia air terjun ini memiliki 2 terjunan air yang berketinggian sekitar 30 meter. Air terjun disebelah kiri memiliki debit yang lebih besar dibandingkan yang kanan. Sementara itu di bawahnya terdapat kolam kecil tempat penampungan curahan air yang jatuh dari atas. Kolam ini dapat digunakan untuk mandi dan berenang. Air terjun ini berada di ketinggian 552 m dari permukaan laut di kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.
Nama Benang Stokel dalam bahasasasak berarti segumpal benang. Nama ini diberikan karena bentuk air terjun ini menyerupai benang yang diikat menyatu.



Sekitar 500 meter ke bagian hulu atas dari lokasi Air Terjun Benang Stokel terdapat juga air terjun yang bernama air terjun benang kelambu Air terjun ini bersumber langsung dari mata air besar yang menyembul di puncak gunung. Untuk menuju Air Terjun Benang Kelambu tersebut harus melewati jalan setapak sejauh 1 km atau sekitar 30 menit jalan kaki menembusi hutan tropis dengan lembah dan bukit yang terjal.

 

Mitos yang berkembang di masyarakat selama ini menyatakan, Air Terjun Benang Stokel menjadi tempat membersihkan diri Dewi Anjani - makhluk gaib yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Pada waktu-waktu tertentu konon Dewi Anjani turun dari gunung kemudian mandi dan membersihkan rambutnya di Benang Stokel. Oleh karena itu, banyak masyarakat percaya jika mandi di air terjun ini akan mengobati masalah rambut rontok, pstsh dan lain sebagainya....

Selain itu dari cerita unik di balik kecantikan Benang Stokel. Konon, jalur Benang Stokel - Gunung Rinjani sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah atau keselamatan dengan melakukan pendakian untuk bertapa ke Gunung Rinjani, yang hingga saat ini, kebiasaan tersebut masih sering dilakukan oleh warga setempat. Jalur pendakian ini hanya memerlukan waktu tujuh jam saja sehingga memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan dengan lewat jalur kawasan Sembalun, Lombok Timur atau Senaru, Lombok Utara...... indah bukan pulau lombok ini,,, jadi jika anda berkunjung ke tempat ini luangkan waktu bnyak banyak buat melihat semua keindahan alamnya....

0 comments:

Post a Comment