Tuesday, May 1, 2012

Rumah Tradisional Lombok (suku sasak)


Desa Sade dan Rembitan
Desa ini terletak di areal perbukitan sekitar 18 km barat daya kota Praya kecamatan Pujut. Objek wisata sade menawarkan keaslian gaya hidup masyarakat sasak tempo dulu dengan rumah lumbung. Masyarakat setempat ahli menenun kain berupa produk songket motif lokal yang harganya tergantung kerumitan motif tersebut. nah seperti di gambar di bawah ini menenun kain songket traditional lombok.


 Pengunjung yang tertarik menyaksikan cara pembuatan tenun songket, pengunjung juga bisa mempraktikan cara membuat kain tenun ini kalo anda mau, penduduk des sade sangatlah ramah tamah menjamu tamunya, jadi anda jangan malu malu kalo mau mencoba, tinggal bilang ajja. Desa rambitan/sade yang terkenal dengan rumah tradisional suku sasak. Di desa ini terdapat penyimpanan padi yang disebut lumbung yang di khususkan hanya ntuk menyimpan padi saja.


 Dan Yang paling unik dari tempat ini adalah lantai nrumah mereka yang terbuat dari kotoran hewan yang dicampur dengan tanah liat hal ini dimaksudkan untuk mengusir nyamuk, lalat dan bentuk serangga lainnya, kemudian atapnya rumahnya terbuat dari jerami dan semua kamar memiliki bagian dan fungsi seperti tangganya yang berjumlah tiga buah anak tangga yang memiliki makna yang sakral bagi penduduk setempat dan ini berarti adat istiadat serta tradisi di desa ini masih dipegang teguh sama masyarakat setempat.....

0 comments:

Post a Comment